Pages

Tuesday, August 12, 2014

Soge, Ikon Baru Kota Pacitan

Pantai Taman, letaknya setelah Pantai Soge. (Dok. Pribadi)
Jika Anda termasuk orang yang suka bertualang mengeksplorasi keindahan pantai, yakinlah bahwa Anda tak akan pernah kehabisan stok tempat untuk Anda kunjungi dan nikmati. Negeri kita yang baik hati ini sangat banyak menyimpan potensi alam itu.

Pacitan menjadi salah satu dari wilayah yang menyumpan potensi itu. Sebuah kota kecil di pesisir selatan Pulau Jawa ini termasuk wilayah yang menyimpan banyak sekali pemandangan pantai yang menakjubkan. Pantai-pantai yang ada di Pacitan memiliki ciri khas seperti halnya pantai-pantai lain di sepanjang Pulau Jawa bagian selatan. Tebing yang curam, ombak yang besar, serta batu-batu karang yang terpisah jauh dari pantai.


Salah satu pantai yang kini menjadi idola dan bahkan menjadi ikon Pacitan ialah Pantai Soge. Terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo pantai ini berada di pinggir jalan raya Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan.  JLS sendiri merupakan jalan baru yang menghubungkan wilayah-wilayah selatan Pulau Jawa. Dapat dipastikan dengan dibukanya JLS ini seluruh potensi wisata kelautan di Pacitan khususnya dan di Pulau Jawa bagian selatan makin tereksplorasi.

JLS ke Soge, seperti menuju ke langit. (Dok. Pribadi)

Cakrawala tampak dari kejauhan. (Dok. Pribadi)
Menikmati keindahan Pantai Soge di pinggir jalan. Tetap berhati-hati ya...
(Dok. Pribadi)

Kondisi JLS yang masih mulus dan sepi memberi nuansa tersendiri saat Anda melintasinya. Melalui jalur ini Anda memerlukan waktu tak sampai sejam untuk mencapai Pantai Soge dari pusat Kota Pacitan. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sayangnya, belum ada angkutan umum yang menuju ke lokasi ini. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat menyewa kendaraan yang banyak tersedia di Pacitan. Harga sewa pun cukup terjangkau dan dapat Anda gunakan untuk mengunjungi objek-objek wisata yang lain di Pacitan.

Sementara itu, jembatan Soge sepertinya menjadi ikon baru bagi Kota Pacitan, kota yang dikenal dengan julukan “Kota 1001 Goa” ini. Masyarakat Pacitan sendiri selalu memanfaatkan sekitar jembatan ini untuk sekadar berfoto atau bahkan untuk duduk-duduk santai. Dari jembatan ini kita juga dapat menikmati pemandangan Samudra Hindia.

Jembatan Soge, ikon baru Kota Pacitan. (Dok. Pribadi)
Tak jauh dari jembatan Soge terdapat muara sungai yang dimanfaatkan untuk rekreasi anak-anak. Mereka dapat bermain basah-basahan di tempat ini sebagai ganti tak dapat bermain air di pantai karena ombaknya yang besar. Arus balik yang sangat deras memang sangat membahayakan bagi wisatawan yang berada di sekitar pantai.
Muara menjadi tempat bermain air bagi anak-anak. (Dok. Pribadi)


Segera jadwalkan petualangan Anda untuk mengunjungi pantai ini.




No comments:

Post a Comment