Pages

Friday, October 17, 2014

Obrolan: Beli Token Listrik dari HaPe


“Yaaaaaah ....!!!”
Teriakan seperti itulah yang umum kita lakukan dan dengar saat mati listrik. Teriakan itu merupakan bagian dari ekspresi kekecewaan dan keterkejutan karena di tengah seriusnya kita sedang melakukan sesuatu tiba-tiba listrik padam atau mati. Siang hari saat sedang seriusnya bekerja dengan alat yang menggunakan listrik, seperti menyeterika, memasak nasi menggunakan rice cooker, atau bekerja menggunakan komputer. Lebih-lebih saat malam hari, paling mengganggu dan menyebalkan tentu saja karena keadaan menjadi gelap.

Mati listrik menjadi fenomena yang sering terjadi di Indonesia, baik disebabkan oleh alam maupun disebabkan oleh peristiwa sosial. Berbagai peristiwa alam yang menyebabkan mati listrik, antara lain  hujan lebat disertai angin, banjir, dan gempa bumi. Peristiwa-peristiwa tersebut secara langsung ataupun tak langsung dapat mengakibatkan terjadinya mati listrik. Sementara itu peristiwa-peristiwa sosial seperti kebakaran juga dapat menjadi penyebab mati listrik.


Ngobrolin masalah listrik sebenarnya tak melulu tentang mati listrik. Banyak sekali bahan obrolan yang menyangkut listrik, misalnya saja tentang penambahan daya, sumber tenaga alternatif, hingga cara pembelian token listrik. Hal-hal sepele seperti cara membeli token ini ternyata kadang dapat merepotkan juga. Sebagai contoh saat sistem di gerai-gerai yang dipercaya menjual token tersebut sedang mengalami gangguan. Begitu pula dengan sistem perbankan yang sedang mengalami gangguan.

Simak saja obrolan bapak-bapak yang punya ideku untuk PLN di pos ronda ini.

Pak Wardi     :     “Wah, mau beli token listrik lagi pada error kata kasirnya.”
Pak Budi        :     “Iya, sudah hampir seminggu Pak. Yang bisa cuma lewat Bank Itu.”
Pak Wardi     :     “Saya gak punya rekening Bank itu. Selama ini juga beli di minimarket itu lancar-lancar saja. Gak pernah bermasalah.”
Pak Ali            :     “Wah kalo saya kebetulan di koperasi kantor saya melayani penjualan token. Jadi selama ini saya ke koperasi saja. Sehari setelah token terpakai biasanya saya beli lagi. Biar ada stok aja kalo sewaktu-waktu token habis. Tapi memang sih sudah seminggu ini cuma lewat Bank Itu yang bisa melayani pembelian token.”
Pak Wardi     :     “Wah, susah juga ya kalo sewaktu-waktu sistem error sementara jauh dari Bank Itu gimana? Jangankan jauh, saya yang deket juga gak punya rekening Bank Itu. Kayanya PLN perlu ada terobosan nih.”
Pak Budi        :     “Bener juga tuh Pak Wardi. Paling tidak gimana caranya kita bisa beli token dari  HP kita lah. Jadinya kan gak usah repot-repot ke minimart atau ATM. Sambil ongkang-ongkang di teras rumah gitu ya hahaha.... “
(Semua barengan hahahaha)

Pak Ali            :     “Wah ide yang bagus itu Pak Budi. Tapi hari gene masak masih pake HP. Smartphone laah hahaha....”     
Pak Wardi     :     “Nah, itu Pak Budi. Bagus, itu. PLN bikin aja aplikasi yang ditaruh di APPStore ya. Hampir semua orang kan sekarang sudah pake smartphone android. Nah, aplikasi itu bisa langsung diisi dengan no rekening listrik setiap individu saat pertama kali mendaftar.”
Pak Budi        :     “Ooo..., jadi maksudnya setelah mengunduh aplikasi itu, kita daftarkan no rekening listrik kita di situ. Terus beli tokennya pake aplikasi itu juga gitu, Pak Wardi?”
Pak Ali            :     “Wah, bener bagus tuh. Apalagi kalo begitu beli bisa langsung ditransfer ke rekening listrik kita. Jadi gak harus mencet-mencet tombol lagi seperti sekarang ini.”
Pak Wardi     :     “Nah itu dia maksudnya. Terus nomer token tetep gak bisa dipake ke nomer rekening lain. Jadi kalo ada yang kebetulan lihat no token di smartphone kita tetep gak bisa dipake oleh orang itu. Kan no rekening listriknya beda.”    
Pak Budi        :     “Efektif dan efisien. Wah, kaykanya perlu ditawarkan ke PLN nih ide aplikasinya heheh....”
Pak Ali            :     “Bener itu, Pak Wardi. Apa perlu dianter? Hahaha...”
Pak Wardi     :     “Hahahaha.... mau saya tulis dulu saja di BLOG saya. Sekarang kita keliling dulu saja yuk. Ngeronda...hahaha.”


Ada yang mau bikin aplikasi ini? Hubungi saya ya.... J     

No comments:

Post a Comment